DELLA MAULINA HERIANDA (2018) MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA BELANJA KONSUMEN PADA BERKAH MART. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201858SIF.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201858SIF.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201858SIF.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_201858SIF.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201858SIF.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201858SIF.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201858SIF.pdf Download (698kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201858SIF.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201858SIF.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_201858SIF.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201858SIF.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Berkah Mart merupakan bisnis ritel yang berorientasi pada konsumsi kebutuhan sehari-hari, baik produk berupa food maupun non-food. Berkah Mart telah menggunakan sistem informasi Magic Retail Information System (MARIS)untukmenyimpan dan mengelola seluruh data pembelian dan penjualan pada perusahaan. Permasalahan yang ada pada MARIS yaitu penjualanyang jumlahnya transaksinya mencapai 400 transaksi perharimempengaruhi stockpersediaan, dan barang yang keluar perharinyapun mencapai seperempat dari item barang yang ada.Untuk menjaga persediaan barang adalah dengan mengetahui pola belanja konsumen yang sering terjadi, maka dari itu Berkah Mart memerlukan tambahan data bagi manager untuk melakukan pembuatan keputusan strategi yang mampu meningkatkan profit perusahaan seperti informasi produk yang paling banyak terjual, produk yang sedikit terjual, dan produk yang jarang terjual.Penelitian ini bertujuan untukmenggali informasi dan melakukan analisis Data Miningpada Berkah Mart, mengetahui aturan assosiasi item dari data transaksi penjualan, dan manajer mendapatkan informasi lebih yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan tata letak dan perencanaan ketersediaan barang. Adapun metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan adalah Market Basket Analysis atau sering juga disebut Algoritma Apriori.Hasil dari penelitian ini adalah sistem tata letak barang dengan analisa barang mana yang direkomendasikan untuk berdekatan sesuai dengan analisa keranjang belanja konsumen. Penelitian terhadap perancangan dan implementasi aplikasi pendukung keputusan tata letak dan perencanaan persediaan barang dapat disimpulkan bahwa sistem mampu meningkatkan profit perusahaandengan melakukan analisa barang yang dapat direkomendasikan berdekatan untuk meningkatkan penjualan barang pada bulan berikutnya.Kata Kunci:Market Basket Analysis, Association Rule, Algoritma Apriori,Data Mining, Frequent itemset.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 04:18 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 04:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15482 |
Actions (login required)
View Item |