Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SUPLEMENTASI EKSTRAK KULIT SEMANGKA (Citrullus vulgaris) DI DALAM AIR MINUM TERHADAP PROFIL GLUKOSA DARAH, TOTAL KOLESTEROL DAN TRIGLISERIDA AYAM RAS PEDAGING

EKA FERAWATI (2018) PENGARUH SUPLEMENTASI EKSTRAK KULIT SEMANGKA (Citrullus vulgaris) DI DALAM AIR MINUM TERHADAP PROFIL GLUKOSA DARAH, TOTAL KOLESTEROL DAN TRIGLISERIDA AYAM RAS PEDAGING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Semangka salah satu jenis buah yang banyak dimanfaatkan dalam bidang kesehatan dan kaya akan asam amino non-esensial. Semangka pada umumnya dikonsumsi hanya pada bagian daging buah sehingga pada bagian kulit buah masih menjadi limbah yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Darah merupakan salah satu parameter status kesehatan hewan dan memiliki fungsi penting dalam pengaturan fisiologis tubuh. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh suplementasi ekstrak kulit semangka terhadap profil glukosa darah, total kolesterol dan trigliserida pada ayam ras pedaging. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Kadar Glukosa, Total Kolesterol dan Trigliserida pada ayam ras pedaging yang diberi air minum dengan penambahan ekstrak kulit semangka. Rancangan acak lengkap (RAL) digunakan dalam penelitian ini dengan 4 perlakuan (0, 5, 10, 15%) dan 5 ulangan. Peubah yang diamati; kadar glukosa darah, total koleterol dan trigliserida. Hasil penelitian yang diperoleh pada hari ke-14 adalah kadar glukosa darah 226,6-244,0 mg/dl, total kolesterol 130,6-149,2 mg/dl, trigliserida 30,8-60,8 dan pada hari ke-28 adalah kadar glukosa darah 209,4-235 mg/dl, total kolesterol 122,8-140,6 mg/dl, trigliserida31,2-39,6 mg/dl. Kesimpulan penelitian ini yaitu suplementasi ekstrak kulit semangka di dalam air minum dapat mempertahankan kadar glukosa darah, total kolesterol dan trigliserida pada ayam ras pedaging.Kata kunci : Ekstrak Kulit Semangka, Glukosa Darah, Total Kolesterol, Trigliserida dan Ayam Ras Pedaging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 636 ??
Divisions: ?? per_pet ??
Depositing User: Users 14632 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 08:18
Last Modified: 04 Jul 2019 08:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15161

Actions (login required)

View Item View Item