ANDY ARDIANSYAH (2018) ANALISIS DAN PERANCANGAN MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN ITILV3 DOMAIN SERVICE OPERATION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201842TIF.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201842TIF.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201842TIF.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_201842TIF.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201842TIF.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201842TIF.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201842TIF.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_201842TIF.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_201842TIF.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
|
Text
11. BAB VI_201842TIF.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_201842TIF.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Information Technology Service Management (ITSM)adalah metode pengelolaan TI yang digunakan dalam proses bisnis disuatu perusahaandan merupakansesuatu yang sangat penting dilakukan oleh perusahaan yang menggunakan layanan TIdalam proses bisnisnya. Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Provinsi Riau yang telah menggunakan layanan TI dalam proses bisnisnya yaitu pelayanan perizinan online. Padapenerapannya BP2T mengalami beberapa masalah yaitu Service Desk yang tidak berfungsi sesuai dengan tugasnya, permasalahan pada penanganan gangguan layanan TI,pembagian fungsi staf TI dan permasalahan pada dokumentasi gangguan layanan. Maka BP2T perlu untuk menerapkanITSM untuk menjaga kinerja layanan TI yang diberikan. Salah satu pendekatan ITSM yang dapat digunakan adalah Information Technology Infrastructure Library Version 3 (ITILV3). Pada penelitian ini dilakukananalisis denganITILV3 domain Service Operation, yaitu menghitung tingkat kematangan ITILV3 domain Service Operation di BP2T menggunakanMaturity LevelCOBIT 4.1 kemudian memberikan rekomendasi menggunakan panduan ITILV3Service Operation. Hasildari penelitian ini adalah rekomendasipengembangan manajemen layanan teknologi informasi danrancanganStandart Operating Procedure (SOP)penanganangan masalah TIyang dapat diterapkan untuk pengembangan layanan TI di BP2T Prov. Riau.Kata Kunci: ITSM, ITILV3, Service Desk,ITILV3 Service Operation, COBIT4.1
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 02:22 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 02:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15016 |
Actions (login required)
View Item |