Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Perbaikan Sistem Kerja Pada Aktivitas Pekerja CV.RanggaBeton Dengan Menggunakan Metode PATH(Posture,Activity,Tools,And Handling)

AMELIA NOVESA ZONNI (2018) Perbaikan Sistem Kerja Pada Aktivitas Pekerja CV.RanggaBeton Dengan Menggunakan Metode PATH(Posture,Activity,Tools,And Handling). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

CV. Rangga Beton adalah unit usaha yang bergerak dalam pembuatan beton.PermasalahanCV tersebut adalah dimana pekerja dalam melakukan pekerjaannya denganpostur kerja yang kurang ergonomisdengan pemindahan dilakukan secara manual(Manual Material Handling).Pekerja mengangkat dan menyusun cetakan beton yangberatnya mencapai 100 kg dengan posisi yang membungkuk. Penempatan stasiun kerjayang kurang tepat membuat pekerja harus bolak-balik dalam mengangkut bahan bakuatauproduk. Persentase keluhan dari 12 orang pekerja mengeluh sakit pada leher sebesar41,67 %, sakit pada bahu 75 %, serta pekerja yang mengeluh sakit pada punggung danpinggang sebesar 66,67%.Langkah perbaikanyang dilakukandengan menggunakanPATH.Metode inidigunakandi bidang pertanian, pertambangan, dan pekerjaannonrepetitivelainnya,dimanametode inimenganalisa postur, aktivitas, peralatan sertapenanganan, sehingga dapat menilai tingkatresiko ergonomi yang terjadidandapatmemberikan usulan perbaikansistem kerja.Berdasarkanpenilaian dengan menggunakanPATH,pekerjaan dengan resiko terbesar untuk stasiun stasiun panel dan tiangprecastadalah pemindahan produk dengan frekuensi 17,06 % dan 27,94 % untuk kegiatanpemindahan ke mesin pencetak pada stasiun pembuatanpaving block.Perbaikan sistemkerjayang dilakukanadalahmengusulkan penggunaanalatbantu angkutpadastasiunpanel dan tiangprecastdanpenambahan item pada bagian mesinpencetakpadastasiunpembuatanpaving block.Kata Kunci:Manual Material Handling(MMH),Posture, Activity, Tools and Handling (PATH),Muskuloskeletal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 650 ??
Divisions: ?? st_ti ??
Depositing User: Users 14631 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:22
Last Modified: 03 Jul 2019 08:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14981

Actions (login required)

View Item View Item