MEIDIA ROSALINA (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181134PGMI.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181134PGMI.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181134PGMI.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181134PGMI.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181134PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181134PGMI.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181134PGMI.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181134PGMI.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181134PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181134PGMI.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181134PGMI.pdf Download (338kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru melalui penerapan model cooperative learning type inside outside circle. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa. Diantaranya siswa kurang mengajukan pertanyaan ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya. Siswa tidak menanggapi pertanyaan yang diberikan guru. Siswa kurang aktif mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek adalah 1 orang guru dan 22 siswa kelas VA Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penerapan model cooperative learning type inside outside circle dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai 46,58% tergolong Rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 60,38% tergolong Cukup Tinggi. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 77,18% tergolong Tinggi. Artinya ketuntasan aktivitas belajar siswa telah berhasil, yaitu 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning learning type inside outside circle dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Inside Outside Circle
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 07:41 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 07:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14682 |
Actions (login required)
View Item |