Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU

MEIDIA ROSALINA (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181134PGMI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181134PGMI.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181134PGMI.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181134PGMI.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181134PGMI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181134PGMI.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181134PGMI.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181134PGMI.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181134PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181134PGMI.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181134PGMI.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru melalui penerapan model cooperative learning type inside outside circle. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa. Diantaranya siswa kurang mengajukan pertanyaan ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya. Siswa tidak menanggapi pertanyaan yang diberikan guru. Siswa kurang aktif mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek adalah 1 orang guru dan 22 siswa kelas VA Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penerapan model cooperative learning type inside outside circle dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai 46,58% tergolong Rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 60,38% tergolong Cukup Tinggi. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 77,18% tergolong Tinggi. Artinya ketuntasan aktivitas belajar siswa telah berhasil, yaitu 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning learning type inside outside circle dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Inside Outside Circle

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:41
Last Modified: 02 Jul 2019 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14682

Actions (login required)

View Item View Item