WIWIN SURYANI (2018) PENGARUH MENGIKUTI TADARUS AL-QURAN SEBELUM MEMULAI PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181130PAI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK_20181130PAI.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGHARGAAN_20181130PAI.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_20181130PAI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I_20181130PAI.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II_20181130PAI.pdf Download (757kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III_20181130PAI.pdf Download (525kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV_20181130PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
9. BAB V_20181130PAI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_20181130PAI.pdf Download (455kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu mengikuti tadarus al-Quran sebelum memulai pembelajaran sebagai variabel X dan kemampuan membaca alQuran siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh mengikuti tadarus al-Quran sebelum memulai pembelajaran terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh mengikuti tadarus alQuran sebelum memulai pembelajaran terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru yang berjumlah 643 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII.5 dan VIII.10 dan siswa yang tidak mengkuti tadarus al-Quran yang berjumlah 83 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis pengaruh mengikuti tadarus al-Quran sebelum memulai pembelajaran terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi serial. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara mengikuti tadarus al-Quran sebelum memulai pembelajaran terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru, hal ini terlihat dari hasil rch = 0,549 lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% = 0,232 maupun pada taraf signifikan 1 % = 0,302. Atau 0,232 < 0,549 > 0,302. Dengan demikian Ha diterima H0 ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh mengikuti tadarus Al-Quran sebelum memulai pembelajaran terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Mengikuti Tadarus, Kemampuan Membaca Al-Quran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 07:26 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 07:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14673 |
Actions (login required)
View Item |