FEBRIKA AULIA FITRI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181077PMT.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181077PMT.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181077PMT.pdf Download (654kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181077PMT.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181077PMT.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181077PMT.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181077PMT.pdf Download (786kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181077PMT.pdf Download (777kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181077PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181077PMT.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181077PMT.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan pengetahuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan untuk tujuan pertama menggunakan uji-t sedangkan untuk tujuan kedua dan ketiga menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik dengan rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen adalah dan kelas kontrol adalah Hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah menunjukan dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik jika berdasarkan pengetahuan awal matematika siswa. Sedangkan untuk interaksi sehingga dapat ditunjukan bahwa tidak terdapat interaksi antara pengetahuan awal matematika siswa dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci: Pendekatan Kontruktivisme, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 05:20 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 05:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14497 |
Actions (login required)
View Item |