DESI YUMITASARI (2018) PENGARUH PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS STUDY GROUPS TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181054PIPS-E.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181054PIPS-E.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181054PIPS-E.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181054PIPS-E.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181054PIPS-E.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181054PIPS-E.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181054PIPS-E.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181054PIPS-E.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181054PIPS-E.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181054PIPS-E.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181054PIPS-E.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan manajemen kelas study groups terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan gejala-gejala yaitu masih ada siswa yang tidak bisa menjelaskan dan menyimpulkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri terkait materi pelajaran yang dipelajari, masih ada siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru, masih ada siswa yang kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi pelajaran, masih ada siswa yang tidak bisa mengemukakan pendapatnya tentang materi pelajaran, dan masih ada siswa yang nilai ulangan hariannya belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Jenis penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan seluruh siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh pelaksanaan manajemen kelas study groups terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan manajemen kelas study groups terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Hasil ini berdasarkan nilai r hitung sebesar 0,672 lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% sebesar 0,180 maupun 1% sebesar 0,235 atau r hitung > r tabel (0,180 < 0,672 > 0,235). Besar persentase pengaruh pelaksanaan manajemen kelas study groups terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru sebesar 45,2% sedangkan sisanya sebesar 54,8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Manajemen Kelas Study Groups, Pemahaman Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 03:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 03:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14449 |
Actions (login required)
View Item |