Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENJADWALAN PERAWATAN MESIN MANGEL/CREPPER DENGAN PENERAPAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN MODEL AGEREPLACEMENT

ADITIO ALFINO (2018) PENJADWALAN PERAWATAN MESIN MANGEL/CREPPER DENGAN PENERAPAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN MODEL AGEREPLACEMENT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT. Riau Crumb Rubber Factory merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pengolahan karet mentah menjadi barang setengah jadi. Produk yang diproduksi terdiri dari dua tipe berdasarkan kualitasnya yaitu SIR 10 dan SIR 20. Perusahaan ini memiliki target produksi sebesar 24.000 Ton/tahun. Berdasarkan data pada tahun 2016, produksi perusahaan hanya mencapai 85%. Salah satu penyebab tidak tercapainya target produksi tersebut yaitu permasalahan pada mesin Mangel/ Crepper di stasiun penggilingan. Berdasarkan perhitungan Failure Mode and Effect Analysis(FMEA) merupakan serangkaian alat pengidentifikasian penyebab dan resiko potensi kegagalan dan metode reliability centered maintenance(RCM) digunakan sebagai perawatan pencegahan untuk menentukan penjadwalan perawatan Mangel/crepper. Berdasarkan tujuan yang hendak dicapai, yaitu tindakan penanganan komponen kritis adalah dengan menghindari penyebab dan tanda-tanda kegagalan. Pada Mangel/crepperwaktu penggantian komponen bearingharus diganti pada759jam, rollerharus diganti pada746jam, dan gearbox harus diganti pada752 jam. Adapun usulan perbaikan maintenancekepada Perusahaan meliputi pembuatan standar pemeliharaan mesin seperti penjadwalan perbaikan, pengecekan komponen, pelumasan, pembersihan, pengencangan baut, memberikan kepahaman kepada operator dalam menggunakan mesin produksi secara optimal (Autonomous Maintenance). Kata Kunci: Mangel/ crepper, Penjadwalan, Preventive Maintenance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 004 ??
Divisions: ?? st_ti ??
Depositing User: Users 14631 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 05:02
Last Modified: 01 Aug 2019 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item