Alpriyandi (2018) Implementasi Pendekatan Humanistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri se-Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201827TPAI_COVER.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201827TPAI_PENGESAHAN.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201827TPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201827TPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201827TPAI_ABSTRAK.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201827TPAI_BAB I.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201827TPAI_BAB II.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201827TPAI_BAB III.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
9. 201827TPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
||
|
Text
10. 201827TPAI_BAB V.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201827TPAI_DAFTAR PUSTA.pdf Download (352kB) | Preview |
Abstract
Pendekatan humnistik adalah suatu pendekatan yang melihat seseorang secara utuh. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pendekatan humanistik ini lebih mengutamakan studi tentang potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri se-Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, dan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan 4 orang guru PAI.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan empat langkah, yaitu: Pengumpulan Data, Penyajian Data, Reduksi Data serta Menarik Kesimpulan dan Verifikasi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa guru PAI telah mengimplementasikan pendekatan humanistik ini dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan: a) guru telah menerapkan prinsip belajar mengajar dengan kasih sayang, hangat dan terbuka; b) guru telah memberikan kebebasan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dan dengan infrastruktur yang memadai; c) guru dan siswa telah mendiagnosis masalahmasalah yang muncul selama proses belajar mengajar berlangsung; d) guru telah sebagai fasilitator selama proses pembelajaran berlangsung; e) guru telah memberikan penghargaan kepada siswa; f) guru mampu menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa Student Center Learning (SCL); g) guru telah membentuk kelompok atau tim selama proses belajar mengajar berlangsung; serta h) guru telah melaksanakan evaluasi setiap materi yang telah diajarkan. Adapun faktor-faktor pendukungnya: a) guru merasa nyaman dengan menerapkan pendekatan humanistik ini dalam proses belajar mengajar; b) murid ikut menikmati dan terbantu dengan adanya pendekatan humanistik dalam proses belajar mengajar tersebut; c) MGMP guru pun mendorong pelaksanaan pendekatan humanistik ini; d) Motivasi dari guru-guru lain pun ikut mempengaruhi dalam penerapan pendekatan humanistik ini dalam pembelajaran PAI, Sedangkan faktor-faktor penghambatnya: a) guru kurang memahami tentang pendekatan humanistik ini, terutama bila diterapkan pada pembelajaran PAI; b) Minimnya buku/literatur tentang pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI; c) lingkungan sekolah yang sedikit berdekatan dengan keramaian; d) beberapa orang guru belum mencoba menerapkan pendekatan humanistik ini dalam proses belajar mengajar; e) murid salah paham dengan makna kebebasan berpendapat selama proses belajar mengajar. Kata kunci: Pendekatan, Humanistik, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 08:24 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 08:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14398 |
Actions (login required)
View Item |