MIFTAH SYARIF (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 164 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181036PGMI.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181036PGMI.pdf Download (692kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181036PGMI.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181036PGMI.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181036PGMI.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181036PGMI.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181036PGMI.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181036PGMI.pdf Download (545kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181036PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181036PGMI.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181036PGMI.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Penerapan Model Problem Based Learning di kelas V Sekolah Dasar Negeri 164 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, diantara rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 36 siswa di Sekolah Dasar Negeri 164 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Sekolah Dasar Negeri 164 Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPA sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 68,61 dengan ketuntasan klasikal 47,22%, Setelah menerapkan model problem based learning pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 73,88 dengan ketuntasan klasikal 66,66%, Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 80,27% dengan ketuntasan 86,11%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan mode; problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 164 Pekanbaru. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 04:57 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 04:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14359 |
Actions (login required)
View Item |