AGUS ROPENDI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KARTU ARISAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 BATULANGKA KECIL KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181005PGMI.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181005PGMI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181005PGMI.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_20181005PGMI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I_20181005PGMI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II_20181005PGMI.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III_20181005PGMI.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV_20181005PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
||
|
Text
9. BAB V_20181005PGMI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_20181005PGMI.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran kartu arisan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Batulangka Kecil Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah sebesar 70. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kartu arisan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 52,0% atau 13 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 18 orang atau ketuntasan hanya mencapai 72,0%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 23 orang siswa atau dengan persentase 92,0%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kartu Arisan, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 08:54 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 08:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14206 |
Actions (login required)
View Item |