FIRDA SAFIRA (2018) MINAT PENGGUNAAN INTERNET DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA: KAJIAN PELAKSANAAN PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181001KI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181001KI.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181001KI.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181001KI.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181001KI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181001KI.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181001KI.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181001KI.pdf Download (620kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181001KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181001KI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181001KI.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat penggunaan internet dalam belajar terhadap prestasi belajar siswa: kajian pelaksanaan pelayanan bimbingan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMPN 22 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh antara minat penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian ini adalah korelasi. Penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling pada penarikan sampel yakni 10% yang berjumlah 92 orang dari jumlah populasi 916 orang. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase dan teknik analisis data regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for Windows. Berdasarkan hasil penyajian data pada bab IV, maka dapat disimpulkan bahwa minat penggunaan internet mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMPN 22 Pekanbaru, hal ini dibuktikan dengan analisis data bahwa ro (observasi/Rsquare) bila dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf signifikan 5% (0,156<0,205) ini berarti Ha ditolak Ho diterima. ro (observasi/Rsquare) dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf signifikan 1% (0,156>0,267) ini berarti Ha ditolak Ho diterima. Besarnya kontribusi minat penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru adalah 15,6% hal ini dapat dibuktikan dengan Koefisien Determinasi (R square) adalah 15,6% atau 0,156 x 100% = 15,6%. selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar di SMPN 22 Pekanbaru adalah: 1) faktor intern yaitu: jasmani dan psikologi (faktor dari dalam diri siswa yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang) 2) faktor ekstern yaitu: keluarga, sekolah dan masyarakat (faktor dari luar diri seseorang tersebut). Kata Kunci: Minat Penggunaan Internet, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 07:42 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 07:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14178 |
Actions (login required)
View Item |