SURYANI (2018) PENERAPAN STRATEGI SILENT DEMONSTRATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU SUNGGUH MULIA DI KELAS IV A MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018979PGMI.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018979PGMI.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018979PGMI.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018979PGMI.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018979PGMI.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018979PGMI.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018979PGMI.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018979PGMI.pdf Download (554kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018979PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018979PGMI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018979PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Silent Demonstration dikelas IV MI Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Silent Demonstration dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 61 dengan ketuntasan klasikal adalah 44%. Kemudian setelah menerapkan Model Pembelajaran Silent Demonstration pada Siklus I diperoleh rata-rata yaitu 72 dengan ketuntasan klasikal mencapai 64% . Pada Siklus II ratarata mencapai 82,40 dengan ketuntasan klasikal menjadi meningkat yaitu 80%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Silent Demonstration dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Strategi Silent Demonstration, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 06:20 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 06:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14152 |
Actions (login required)
View Item |