Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 SUNGAI SIRIH KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

NURNIATI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 SUNGAI SIRIH KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018957PGMI.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018957PGMI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018957PGMI.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018957PGMI.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018957PGMI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018957PGMI.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018957PGMI.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018957PGMI.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018957PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018957PGMI.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018957PGMI.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Sirih Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 26 siswa kelas V. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending dan hasilbelajar.Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 60,00 dengan ketuntasan klasikal 46,15% setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 69,23 dengan ketuntasan klasikal 69,23% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79,80 dengan ketuntasan klasikal 84,61%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009Sungai Sirih kecamatan Singingi kabupaten Kuantan Singingi. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:58
Last Modified: 21 Jun 2019 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item View Item