MUTIA (2018) PENGARUH PELAKSANAAN SHALAT BERJAMAAH TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018927PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018927PAI.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018927PAI.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018927PAI.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018927PAI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018927PAI.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018927PAI.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018927PAI.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018927PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018927PAI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018927PAI.pdf Download (378kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pelaksanaan shalat berjamaah sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan interaksi sosial siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan shalat berjamaah terhadap interaksi sosial siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan shalat berjamaah dan interaksi sosial siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang beragama Islam berjumlah 156 orang siswa sedangkan sampel 50% dari populasi yaitu 78 orang siswa. Penarikan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa Hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini yakni ―ada pengaruh pelaksanaan shalat berjamaah terhadap interaksi sosial siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru‖ diterima dan hipotesis nihil (HO) ditolak. Berdasarkan data yang menunjukkan nilai = 0,719 dan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,217 sedangkan pada taraf signifikan 1% = 0,283. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 0,217<0,719>0,283 Berdasarkan tabel interpretasi, korelasi kedua variabel ini terletak pada tingkat kuat yakni berada pada rentang interval 0,60 – 0,799. Selanjutnya berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi, maka kontribusi pelaksanaan shalat berjamaah terhadap interaksi sosial siswa adalah sebesar 51%. Kata Kunci: Pelaksanaan Shalat Berjamaah, Interaksi Sosial Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 06:06 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 06:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13988 |
Actions (login required)
View Item |