FAISAL AHMAD (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 015 GUNUNG BUNGSU KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018895PGMI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018895PGMI.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018895PGMI.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018895PGMI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018895PGMI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018895PGMI.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018895PGMI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018895PGMI.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018895PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018895PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018895PGMI.pdf Download (385kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe quiz Team di kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 21 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Gunung Bungsu. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Tipe quiz team dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 47,62% atau 10 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 66,67%. Pada siklus II ketuntasan siswa mencapai 19 orang siswa atau dengan persentase 90,48% Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 18 Jun 2019 07:23 |
Last Modified: | 18 Jun 2019 07:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13927 |
Actions (login required)
View Item |