REKA PRAMANDA UTAMI (2018) DESAIN DAN UJI COBA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION )PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018883PK.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018883PK.pdf Download (871kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018883PK.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018883PK.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018883PK.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018883PK.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018883PK.pdf Download (872kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018883PK.pdf Download (656kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018883PK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018883PK.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018883PK.pdf Download (448kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya ketersedian bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dan belum adanya penggunaan LKPD berbasis learning cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik berbasis learning cycle 5E pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah ahli desain media lembar kerja peserta didik, ahli materi pembelajaran, guru-guru kimia dan peserta didik di SMA N 10 Pekanbaru dan objek penelitian adalah lembar kerja peserta didik berbasis learning cycle 5E pada materi larutan penyangga. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh langsung dari angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Lembar kerja peserta didik yang dihasilkan telah teruji valid dengan persentase 90,9% (sangat valid) dan teruji praktis dengan persentase 90,66% (sangat praktis). Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis learning cycle 5E pada materi larutan penyangga sudah valid dan praktis sehingga dapat dilakukan uji coba terbatas. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Learning Cycle 5E, Larutan Penyangga
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 09:12 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 09:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13909 |
Actions (login required)
View Item |