SAIDAH (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018868PMT.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018868PMT.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018868PMT.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018868PMT.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018868PMT.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018868PMT.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018868PMT.pdf Download (694kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018868PMT.pdf Download (722kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018868PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018868PMT.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018868PMT.pdf Download (473kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal matematika pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pekanbaru dengan sampel penelitian siswa kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII 4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sehingga, secara umum model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis jika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP di Pekanbaru. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 07:50 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 07:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13876 |
Actions (login required)
View Item |