NURUL IRHAMNI (2018) PENERAPAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018776PGMI.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018776PGMI.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018776PGMI.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018776PGMI.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018776PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018776PGMI.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018776PGMI.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018776PGMI.pdf Download (566kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018776PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018776PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018776PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan Model Treffinger di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar sisw yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Model Treffinger dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa Model Treffinger dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada sebelum tindakan hanya mencapai nilai rata-rata 65 atau 57,14% tergolong ”cukup”. Setelah dilakukan tindakan siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 71,42 atau 71,42% tergolong “baik”, dan pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 80,47 atau 85,71% tergolong “baik”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Treffinger dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Treffinger, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 May 2019 03:39 |
Last Modified: | 29 May 2019 03:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13502 |
Actions (login required)
View Item |