Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PEKANBARU

IKKE ROSTIANI (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018760PGMI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018760PGMI.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018760PGMI.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018760PGMI.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018760PGMI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018760PGMI.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018760PGMI.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018760PGMI.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018760PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018760PGMI.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018760PGMI.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pengunaan metode Speed Reading di kelas VA Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada isi bacaan yang diberikan guru selain itu juga siswa tidak dapat mengambil ide pokok dalam suatu teks bacaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Speed Reading dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat diketahui sebelum tindakan kemampuan membaca pemahaman siswa di peroleh persentase 61,15% dengan kategori cukup mampu. Pada siklus I diketahui adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai persentase 67,56% dengan kategori cukup mampu. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai persentase 77,05% dengan kategori mampu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode speed reading dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Speed Reading, Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 29 May 2019 02:19
Last Modified: 29 May 2019 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13479

Actions (login required)

View Item View Item