AKTITA MAYSARAH (2018) PENERAPAN METODE 8 LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH BABUSSALAM SEBERANG CENGAR KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018750PGMI.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018750PGMI.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018750PGMI.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_2018750PGMI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I_2018750PGMI.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II_2018750PGMI.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III_2018750PGMI.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV_2018750PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
||
|
Text
9. BAB V_2018750PGMI.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_2018750PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode 8 Langkah di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Babussalam Seberang Cengar Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi dilatar belakangi kurangnya kemampuan siswa menjelaskan tokoh-tokoh dalam bacaan, siswa kurang dapat menyebutkan latar cerita, siswa kurang bisa memahami teks cerita, selain itu hasil kemampuan membaca siswa kurang dari KKM yang telah ditetapkan Madrasah.Penelitian ini merupakan Penelitian Penataan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan metode 8 Langkah dan kemampuan membaca siswa dalam memahami teks cerita. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data : Tes, Observasi, Dokumentasi dan Analisis Data. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis data, dapat di simpulkan bahwa dengan penerapan metode 8 Langkah ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam memahami teks bacaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Babussalam Seberang Cengar Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Kondisi itu dapat dilihat dari penerapan metode 8 langkah untuk meningkatkan kemampuan membaca pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 55,7%.Pada siklus I kemampuan membaca siswa 61,5% Setelah diperbaiki di siklus II kemapuan membaca siswa dalam memamahami teks bacaan ternyata meningkat menjadi 86.5% . Kata Kunci: Metode 8 Langkah, Kemampuan Membaca.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 May 2019 07:39 |
Last Modified: | 28 May 2019 07:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13453 |
Actions (login required)
View Item |