RIZKI SYAPUTRA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE OPEN ENDED (PROBLEM TERBUKA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASARNEGERI 019 KOTA BARU KECAMATAN TAPUNG HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018717PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018717PGMI.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018717PGMI.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018717PGMI.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018717PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018717PGMI.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018717PGMI.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018717PGMI.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018717PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018717PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018717PGMI.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SDN 019 Kota Baru Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar melalui penerapan metode open ended. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan di sekolah yaitu 72. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode open ended dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini Deskriptif dengan Presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat diketahui hasil belajar sebelum dilakukan tindakan melalui penerapan metode open ended, diperoleh persentase 40,00%. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat hasil belajar siswa mencapai dengan persentase 76,67% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa diperoleh angka 93,33% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian metode pembelajaran Kooperatif Tipe Open Ended ( Problem Terbuka ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode Open Ended, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 May 2019 02:49 |
Last Modified: | 27 May 2019 02:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13403 |
Actions (login required)
View Item |