NURHAYATI (2018) PENERAPAN STRATEGI THE LEARNING CELL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 103 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018704PGMI.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018704PGMI.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018704PGMI.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018704PGMI.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018704PGMI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018704PGMI.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018704PGMI.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018704PGMI.pdf Download (572kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018704PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018704PGMI.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018704PGMI.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan Strategi The Learning Cell kelas IV Sekolah Dasar Negeri 103 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang subjeknya adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 103 Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek adalah penerapan Strategi The Learning Cell. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS sebelum tindakan hanya 44% atau berada pada kategori “Kurang”. Setelah dilakukan tindakan aktivitas belajar siswa siklus I meningkat 52% dengan kategori “Cukup” pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat lagi menjadi 78% dengan kategori “Baik” Kata Kunci: The Learning Cell, Aktivitas Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 May 2019 07:53 |
Last Modified: | 24 May 2019 07:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13388 |
Actions (login required)
View Item |