DIAN RIZKI (2018) PENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 030 PULAU PERMAI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018702PGMI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018702PGMI.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018702PGMI.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018702PGMI.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018702PGMI.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018702PGMI.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018702PGMI.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018702PGMI.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018702PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018702PGMI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018702PGMI.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan Strategi Bowling Kampus di kelas V Sekolah Dasar Negeri 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Bowling kampus untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini deskriftif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa dengan penerapan strategi Bowling Kampus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh ratarata hasil belajar siswa 64,44 dengan kategori “Cukup”, dan ketuntasan klasikalnya 38,89%. Sedangkan setelah dilakukan tindakan dengan penerapan strategi Bowling Kampus pada siklus I hasil belajar terjadi peningkatan dengan rata-rata 71,38 dengan kategori “Baik” ketuntasan klasikalnya 66,67%. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 85,27 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikalnya 83,33% dengan kategori “Baik”. Kata Kunci: Strategi Bowling Kampus, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 May 2019 07:48 |
Last Modified: | 24 May 2019 07:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13386 |
Actions (login required)
View Item |