Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 023 KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

TRISMAWATI (2018) PENERAPAN STRATEGI TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 023 KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018687PGMI.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018687PGMI.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018687PGMI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018687PGMI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018687PGMI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018687PGMI.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018687PGMI.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018687PGMI.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018687PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018687PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018687PGMI.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan minat belajar siswa pada matapelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Kualu Nenas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa. Diantaranya sebagian siswa kurang memperhatikan penjelasan yang diterangkan guru, siswa kurang berpartisipasi dalam belajar, dan siswa sering keluar masuk pada saat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah guru dan siswa kelas V sedangkan Objek penelitian ini adalah penerapan strategi tebak kata dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan rumus Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa strategi tebak kata dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan minat belajar siswa hanya 56,6%, setelah tindakan pada siklus I pertemuan I minat belajar siswa adalah 63%, pada pertemuan II siklus I minat belajar siswa meningkat 68,3%. Selanjutnya pertemuan I siklus II adalah 76,6% dan pertemuan II siklus II adalah 81,8% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi tebak kata dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Kualu Nenas. Kata Kunci: Strategi, Tebak Kata, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 May 2019 04:11
Last Modified: 24 May 2019 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13363

Actions (login required)

View Item View Item