TRISMAWATI (2018) PENERAPAN STRATEGI TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 023 KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018687PGMI.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018687PGMI.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018687PGMI.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018687PGMI.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018687PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018687PGMI.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018687PGMI.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018687PGMI.pdf Download (577kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018687PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018687PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018687PGMI.pdf Download (380kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan minat belajar siswa pada matapelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Kualu Nenas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa. Diantaranya sebagian siswa kurang memperhatikan penjelasan yang diterangkan guru, siswa kurang berpartisipasi dalam belajar, dan siswa sering keluar masuk pada saat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah guru dan siswa kelas V sedangkan Objek penelitian ini adalah penerapan strategi tebak kata dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan rumus Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa strategi tebak kata dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan minat belajar siswa hanya 56,6%, setelah tindakan pada siklus I pertemuan I minat belajar siswa adalah 63%, pada pertemuan II siklus I minat belajar siswa meningkat 68,3%. Selanjutnya pertemuan I siklus II adalah 76,6% dan pertemuan II siklus II adalah 81,8% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi tebak kata dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Kualu Nenas. Kata Kunci: Strategi, Tebak Kata, Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 May 2019 04:11 |
Last Modified: | 24 May 2019 04:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13363 |
Actions (login required)
View Item |