ELVI RAHMI (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018684PGMI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018684PGMI.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018684PGMI.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018684PGMI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018684PGMI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018684PGMI.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018684PGMI.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018684PGMI.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018684PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018684PGMI.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018684PGMI.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas V Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya siswa kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan hanya beberapa orang siswa mengajukan pertanyaan kepada guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data,aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya 49,80% atau berada pada kategori “ Kurang”. Setelah dilakukan tindakan aktivitas belajar pada siklus I 64,58% dengan katergori “ Cukup” pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 86,46% dengan kategori “ Baik”. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Student Teams Achieviment Division (STAD), dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 May 2019 03:58 |
Last Modified: | 24 May 2019 03:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13360 |
Actions (login required)
View Item |