Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PROGRAM PENGAYAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SENTAJO RAYA KUANTAN SINGINGI

TRI ASTUTI (2018) HUBUNGAN PROGRAM PENGAYAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SENTAJO RAYA KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu program pengayaan (variabel X) dan prestasi belajar siswa (variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan program pengayaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sentajo Raya Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, dengan rumusan masalah apakah ada hubungan yang signifikan antara program pengayaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sentajo Raya?. Subjek penelitian ini adalah Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sentajo Raya. Sedangkan objek penelitian adalah program pengayaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah PertamaNegeri 2 Sentajo Raya. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah216 orang, sedangkan untuk sample dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang diambil rangking 1 sampai 5 dari masing-masing kelas yang berjumlah 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling non acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis statistic dengan menggunakan teknik korelasi product moment dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara program pengayaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sentajo Raya dengan perolehan angka indeks 0,829 lebih besar dari “r” table baik pada tarafsignifikan 5% = 0,273maupun pada taraf signifikan 1% =0,354.Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan H0 (hipotesa nihil) ditolak. Jadi, ada hubungan yang signifikan antara program pengayaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah PertamaNegeri 2 Sentajo Raya. Artinya semakin baik program pengayaan maka semakin tinggi prestasi belajar siswa pada mata pelajaranPendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah PertamaNegeri 2 Sentajo Raya dan sebaliknya. Kata Kunci: Program Pengayaan, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 07 May 2019 02:56
Last Modified: 07 May 2019 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13117

Actions (login required)

View Item View Item