JULIANA DARWIN (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018567PMT.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018567PMT.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018567PMT.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018567PMT.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018567PMT.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018567PMT.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018567PMT.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018567PMT.pdf Download (719kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018567PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018567PMT.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018567PMT.pdf Download (498kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar menggunakan Discovery Learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs N 2 Kuantan Singingi tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 306 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII, dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Discovery Learning dan kelas VIII D sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan instrument tes kemampuan berpikir kritis matematika. Data yang didapat dilakukan analisis menggunakan rumus tes-t, dengan melalui uji persyaratan menggunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data dan uji varian untuk melihat homogenitas data. Diperolehhitung>ttabel(3,474> 2,01) dan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi disbanding kelas kontrol (78>51). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di MTs N 2 Kuantan Singingi. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen lebih tinggi dari mean kelas control yang menunjukkan bahwa penerapan metode Discovery Learning memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis MTs N 2 Kuantan Singingi. Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 May 2019 07:05 |
Last Modified: | 06 May 2019 07:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13100 |
Actions (login required)
View Item |