TSURAYYA ZHAFIRAH (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018481PK.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018481PK.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018481PK.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018481PK.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018481PK.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018481PK.pdf Download (811kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018481PK.pdf Download (961kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018481PK.pdf Download (715kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018481PK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018481PK.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018481PK.pdf Download (619kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang didapatkan dari penyebaran angket motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media lingkungan terhadap motivasi belajar siswa pada materi koloid di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media lingkungan dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen I lebih tinggi dari kelas eksperimen II yaitu 77.04 > 67.47 dengan kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung (-5.712) < ttabel (1.690) yang berarti hipotesis H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media lingkungan terhadap motivasi belajar siswa pada materi koloid. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Media Lingkungan, Motivasi Belajar, Koloid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 08:09 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 08:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12923 |
Actions (login required)
View Item |