Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTs N 1 KUANTAN SINGINGI

OKTA SARI PIDHANI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTs N 1 KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu aspek yang terpenting dalam pembelajaran matematika, karena pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs N 1 Kuantan Singingi masih tergolong rendah serta siswa masih mengganggap bahwa matematika itu sulit, sehingga perlu dikembangkan bahan ajar untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning yang valid, praktis dan efektif serta untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pengembangan LKS mengikuti model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilakukan di MTs N 1 Kuantan Singingi pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli desain media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa MTs N 1 Kuantan Singingi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen serta kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis CTL. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (84,89 ), sangat praktis (untuk kelompok kecil dan sangat praktis () untuk kelompok besar. Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau, sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa kelas yang diajar dengan bantuan LKS dan siswa yang diajar tanpa bantuan LKS. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis CTL ini telah valid, praktis, efektif dan dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2019 07:57
Last Modified: 26 Apr 2019 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12918

Actions (login required)

View Item View Item