NOER FAZIRA YAHYA (2018) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS PERSON CENTERED DALAM MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWADI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018473KI.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018473KI.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018473KI.pdf Download (716kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018473KI.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018473KI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018473KI.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018473KI.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018473KI.pdf Download (594kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018473KI.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018473KI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018473KI.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keterbukaan diri siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan person centered, untuk mengetahui gambaran keterbukaan diri siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan person centered,dan melihat efektivitas pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan pendekatan person centered untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMA Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperiment. Objek dalam penelitian ini adalah efektivitas person centered dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa yang dijadikan sebagai sampel penelitian ini dengan teknik purposive sampling, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah 154 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket. Angket dibuat dengan skala likert dan dilakukan uji validitas dan reliablitas dengan menggunakan SPSS for Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbukaan diri siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok berbasis person centered berada pada kategori sedang yaitu dengan nilai rata-rata 60,75 dan setelah diberikan layanan konseling kelompok berbasis person centered mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 98,88. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya layanan konseling kelompok berbasis person centered efektif untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa yang dilihat dari hasil analisis data bahwa signifikansi adalah 0,011 yaitu lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Person Centered, Keterbukaan Diri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 07:46 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 07:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12914 |
Actions (login required)
View Item |