Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS PERSON CENTERED DALAM MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWADI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

NOER FAZIRA YAHYA (2018) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS PERSON CENTERED DALAM MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWADI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018473KI.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018473KI.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018473KI.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018473KI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018473KI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018473KI.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018473KI.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018473KI.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018473KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018473KI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018473KI.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keterbukaan diri siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan person centered, untuk mengetahui gambaran keterbukaan diri siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan person centered,dan melihat efektivitas pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan pendekatan person centered untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMA Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperiment. Objek dalam penelitian ini adalah efektivitas person centered dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa yang dijadikan sebagai sampel penelitian ini dengan teknik purposive sampling, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah 154 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket. Angket dibuat dengan skala likert dan dilakukan uji validitas dan reliablitas dengan menggunakan SPSS for Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbukaan diri siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok berbasis person centered berada pada kategori sedang yaitu dengan nilai rata-rata 60,75 dan setelah diberikan layanan konseling kelompok berbasis person centered mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 98,88. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya layanan konseling kelompok berbasis person centered efektif untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa yang dilihat dari hasil analisis data bahwa signifikansi adalah 0,011 yaitu lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Person Centered, Keterbukaan Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Apr 2019 07:46
Last Modified: 26 Apr 2019 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12914

Actions (login required)

View Item View Item