UVIT SUTARTI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP/MTs DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018471PMT.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018471PMT.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018471PMT.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018471PMT.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018471PMT.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018471PMT.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018471PMT.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018471PMT.pdf Download (675kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018471PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018471PMT.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018471PMT.pdf Download (466kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan Konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP/MTs di Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Masmur Pekanbaru. Pengambilan sampel dsalam penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dan analisis varian dua arah (two factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan Konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa yang menggunakan pendekatan Konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis. Dengan demikian, Penerapan pendekatan Konstruktivisme secara umum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP/MTs di Pekanbaru. Kata Kunci: Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 07:41 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 07:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12912 |
Actions (login required)
View Item |