Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP/MTs DI PEKANBARU

UVIT SUTARTI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP/MTs DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018471PMT.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018471PMT.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018471PMT.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018471PMT.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018471PMT.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018471PMT.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018471PMT.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018471PMT.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018471PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018471PMT.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018471PMT.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan Konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP/MTs di Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Masmur Pekanbaru. Pengambilan sampel dsalam penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dan analisis varian dua arah (two factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan Konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa yang menggunakan pendekatan Konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis. Dengan demikian, Penerapan pendekatan Konstruktivisme secara umum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP/MTs di Pekanbaru. Kata Kunci: Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Apr 2019 07:41
Last Modified: 26 Apr 2019 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12912

Actions (login required)

View Item View Item