Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TUALANG

DESISMA HERLINA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TUALANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018455PMT.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018455PMT.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018455PMT.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018455PMT.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018455PMT.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018455PMT.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018455PMT.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018455PMT.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018455PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018455PMT.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018455PMT.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 3 Tualang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.8 dan VIII.9 SMP Negeri 3 Tualang dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student TeamsAchievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal. Teknik analisis data yang digunkan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student TeamsAchievement Divisions (STAD) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan ini diperkuat dari nilai mean yang berbeda, dimana nilai mean kelas eksperimen yaitu 78,62 lebih besar dari pada nilai mean kelas kontrol yaitu 74,07. (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Terdapat kontribusi antara kemampuan awal dengan pemecahan masalah matematis. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian secara umum model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 3 Tualang. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student TeamsAchievement Divisions (STAD), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:06
Last Modified: 26 Apr 2019 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12888

Actions (login required)

View Item View Item