ABDUL AZIZ (2018) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TARUNA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018398PIPS-E.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018398PIPS-E.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018398PIPS-E.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018398PIPS-E.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018398PIPS-E.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018398PIPS-E.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018398PIPS-E.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018398PIPS-E.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018398PIPS-E.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018398PIPS-E.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018398PIPS-E.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada dilapangan ketika penulis melakukan studi pendahuluan yaitu rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi. Adapun rumusan masalahnya yaitu Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Sosial guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Pekanbaru? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kompetensi Sosial guru terhadap Aktivitas Belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi Jurusan IPS di SMA Taruna Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi. Populasi yang penulis ambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi Jurusan IPS yang berjumlah 98 orang. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Sosial guru terhadap Aktivitas Belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Pekanbaru. Hasil tersebut diperoleh dari r hitung lebih besar dari r tabel yaitu sebesar 0,617 atau baik pada taraf signifikan 5 % maupun 1 % atau (0,202 < 0,617 > 0,263) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Besar persentase pengaruh Kompetensi Sosial guru terhadap Aktivitas Belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi adalah sebesar 37,9% sedangkan sisanya sebesar 62,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam kajian penelitian ini. Kata kunci: Kompetensi Sosial Guru, Aktivitas Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 07:41 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 07:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12828 |
Actions (login required)
View Item |