NURHIDAYATUL KHOIRIYAH (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018392PAI.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018392PAI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018392PAI.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018392PAI.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018392PAI.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I _2018392PAI.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018392PAI.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018392PAI.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018392PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018392PAI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018392PAI.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Group Investigasi terhadap motivasi belajar, didalam mengikuti proses pembelajaran tidak semua materi pembelajaran terserap oleh peserta didik sehingga sering tidak efektif dan efisien, dikarenakan terbatasnya waktu dalam proses pembelajaran, kurangnya motivasi belajar siswa dan sebagainya. Oleh sebab itu, penerapan strategi group investigasi oleh guru dimaksudkan untuk memberikan pengalaman baru dalam proses belajar dalam penyampaian pesan pembelajaran, memudahkan pemahaman, mempunyai retensi (daya ingat) yang lama, serta dapat diaplikasikan dalam waktu dan kesempatan yang lain dibutuhkan. Dengan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji masalah ini lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Group Investigasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII dan IX dan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas yang berjumlah 594 siswa. Karena besarnya jumlah populasi tersebut, maka dilakukan pengambilan sampel dengan cara simple random sampling yang digunakan dengan mengambil sampel dengan sampel acak. Adapun sampel dari penelitian ini adalah 90 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Angket dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% yaitu 0,207 < 0,476 > 0,270, sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi group investigasi dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pekanbaru.. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Group Investigasi dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 07:27 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 07:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12822 |
Actions (login required)
View Item |