BUNYANUN (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI KISI - KISI PRO DAN KONTRA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH HUBBUL WATHAN RIMBA MELINTANG KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018377PGMI.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018377PGMI.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018377PGMI.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018377PGMI.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018377PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018377PGMI.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018377PGMI.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018377PGMI.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018377PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (999kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018377PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018377PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Madrasah Ibtidayyah Hubbul Wathan Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir melalui penerapan Strategi Kisi-Kisi Pro Dan Kontra. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi kisi-kisi pro dan kontra dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes.Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa strategi kisi-kisi pro dan kontra dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat diketahui sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 69,09 dengan ketuntasan klasikal 45,45% atau tergolong kurang.Setelah diterapkan tindakan pada siklus I, dengan rata-rata 75,00 hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan kalsikal menjadi 68,18% atau tergolong cukup. Pada siklus II meningkat dengan rata-rata 80,00,% dengan ketuntasan klasikal 86,36 % hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian dapat demikian dapat disimpulkan bahwa strategi kisi-kisi pro dan kontra pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Madrasah Ibtidayyah Hubbul Wathan Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Kata Kunci: Strategi Kisi – Kisi Pro dan Kontra, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 04:54 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 04:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12805 |
Actions (login required)
View Item |