SYAHRINA (2018) PENERAPAN STRATEGI MATEMATIKA DAUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018362PGMI.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018362PGMI.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018362PGMI.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018362PGMI.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018362PGMI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018362PGMI.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018362PGMI.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018362PGMI.pdf Download (486kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018362PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018362PGMI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018362PGMI.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan strategi matematika daun di kelas I Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kampar Utara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi matematika daun dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskripstif dan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi matematika daun dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh ratarata 56% dengan ketuntasan klasikal 45% atau 9 orang siswa yang tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 69% dengan ketuntasan klasikal 65% atau 13 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan lagi dengan ratarata 79,5% dengan ketuntasan klasikal 85% atau 17 orang siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi matematika daun dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kampar Utara. Kata Kunci : Strategi, Matematika Daun, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 04:06 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 04:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12790 |
Actions (login required)
View Item |