LAILA NURJANNAH (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK PONDOK PESANTREN BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018293PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018293PGMI.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018293PGMI.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018293PGMI.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018293PGMI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018293PGMI.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018293PGMI.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018293PGMI.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018293PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018293PGMI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018293PGMI.pdf Download (426kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan one-group pretest-posttest designuntuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik usia 5-6 tahun kelompok B,dan objekpenelitian adalahpengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional. Populasi penelitian ini adalah anak didik di TK Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru berjumlah 60 anak, dengan sampel berjumlah 20 anak yang terdiri dari kelas B1 yaitu kelas kontrol sebanyak 10 anak, dan B2 yaitu kelas eksperimen sebanyak 10 anak. Sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu dengan penentuan sampel melalui pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung =56,236dengan Sig = 0,000. Karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah pemberian perlakuan dalam metode bermain peran. Jadi Ho ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberi perlakuan terhadap perkembangan sosial emosional anak.Pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru sebesar 92,17%. Kata Kunci :Perkembangan Sosial Emosional, Metode, Bermain Peran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 03:28 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 03:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12643 |
Actions (login required)
View Item |