ZURAIDA (2018) PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 022 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018273PGMI.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018273PGMI.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018273PGMI.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018273PGMI.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018273PGMI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018273PGMI.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018273PGMI.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018273PGMI.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018273PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018273PGMI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018273PGMI.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan media flash card di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan media flash card. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran flash card. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 65,6% dengan kategori “kurang”. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,85 % dengan kategori “cukup”. Pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan ketuntasan siswa mencapai 81% dengan kategori “sempurna”. Dengan demikian media flash card sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci : Media, Flash card, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 02:25 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 02:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12621 |
Actions (login required)
View Item |