MHD. ALDO (2018) PENERAPAN STRATEGI REALLY GETTING ACQUAINTED (MENGENAL TEMAN) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018256PGMI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018256PGMI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018256PGMI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018256PGMI.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018256PGMI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018256PGMI.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018256PGMI.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018256PGMI.pdf Download (823kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018256PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018256PGMI.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018256PGMI.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V melalui penerapan strategi Really Getting Acquinted (Mengenal Teman) Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya, sebagian siswa tidak mengajukan pertanyaan ketika diberi kesempatan bertanya, beberapa siswa tidak mengerjakan tugas, dan tidak mendengarkan materi yang disampaikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan strategi Really Getting Acquinted (Mengenal Teman) dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obvservasi aktivitas guru, siswa dan aktivitas beljar siswa serta dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan aktivitas siswa pada sebelum tindakan yaitu 46,22% dengan kategori “kurang baik”. Kemudian setelah menerapkan strategi Really Getting Acquinted (Mengenal Teman) pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 63% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 78,17% dengan kategori “baik” artinya sudah mencapai indikator yang diharapkan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi Really Getting Acquinted (Mengenal Teman) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata kunci: Strategi, Really Getting Acquinted (Mengenal Teman), Aktivitas Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 07:12 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 07:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12534 |
Actions (login required)
View Item |