YASNI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018197PMT.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018197PMT.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018197PMT.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018197PMT.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018197PMT.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018197PMT.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018197PMT.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018197PMT.pdf Download (867kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018197PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018197PMT.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018197PMT.pdf Download (478kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa LAS dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, serta dapat memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pengembangan bahan ajar berupa LAS mengikuti model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMPN 10 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 dan VIII. 4. Objek penelitian adalah LAS matematika berbasis Model Learning Cycle 7E. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LAS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (85.17%) dan sangat praktis (87.72% untuk kelompok kecil dan 89.35% untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar 2,43 dan nilai pada taraf signifikan sebesar 1,99 maka atau 2,43 > 1,99, sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas eksperimen memperoleh 29,154 dan kelas kontrol memperoleh 26,077. Hal tersebut menunjukkan bahwa LAS matematika berbasis model Learning Cycle 7E ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa. Kata Kunci: Lembar Aktivitas Siswa, Model Learning Cycle 7E, Pemahaman Konsep Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 04:33 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 04:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12469 |
Actions (login required)
View Item |