GUSMILAWATI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201879PMT.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201879PMT.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201879PMT.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201879PMT.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201879PMT.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201879PMT.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201879PMT.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201879PMT.pdf Download (847kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201879PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201879PMT.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201879PMT.pdf Download (471kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena lemahnya kemampuan koneksi matematis siswa SMP Pekanbaru, sehingga berdampak pada hasil pencapaian belajar matematika siswa yang masih rendah dan belum adanya pendekatan pembelajaran yang dapat menangani permasalahan mengenai kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Brain Based Learning (BBL) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dan interaksi pendekatan pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis berdasarkan kemampuan awal siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah 79 siswa yang terdiri dari 40 siswa untuk kelompok eksperimen dan 39 siswa untuk kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik purposive sampling pada siswa kelas IX. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa dan tes uraian untuk mengukur kemampuan awal siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t, pearson product moment dan anova dua arah (two factorial design). Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pendekatan Brain Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasilnya diperoleh bahwa thitung ttabel pada taraf signifikan 5% diperoleh 4,9108 2,00. 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasilnya diperoleh thitung ttabel pada taraf signifikan 5% yakni 0,4277 2,00. 3) Adanya kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan koneksi matematis adalah dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. 4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran berdasarkan kemampuan awal terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata kunci : Brain Based Learning (BBL), Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:40 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12292 |
Actions (login required)
View Item |