Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN STRES PADA IBU YANG MEMILIKI PERAN GANDA

SITI MINARDA, - (2024) HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN STRES PADA IBU YANG MEMILIKI PERAN GANDA. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text
SITI- BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img]
Preview
Text
SITI MINARDA_SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Berbagai macam persoalan yang dihadapi oleh ibu yang memiliki peran ganda baik ditempat kerja maupun di rumah, mengakibatkan mereka mengalami stres. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi stres yaitu religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas dengan sres pada ibu yang memiliki peran ganda. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dengan 2 variabel. Sampel penelitian ini yaitu 96 ibu yang memiliki peran ganda dengan menggunakan teknik Convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui google form dengan menggunakan skala stres yang peneliti modifikasi dari Majrika dengan merujuk pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Sarafino dan skala The Centrality of Religiosity Scale (CRS) yang diadaptasi oleh Suryadi dan Hayat dengan berdasarkan teori Huber dan Huber. Teknik analisis data yang digunakan non parametrik yaitu uji Spearman’s. Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak terdapat hubungan antara religiusitas dengan stres pada ibu yang memiliki peran ganda yakni diperoleh koefisien korelasi sebesar (r = 0,059) pada taraf signifikansi p =0,306 (p>0,05), artinya tidak ada hubungan antara religiusitas dengan stres pada ibu yang memiliki peran ganda. Religiusitas tidak memiliki sumbangsih terhadap stres. Dengan demikian hipotesis ditolak. Hal ini dikarenakan seseorang yang memiliki keyakinan hanya berorientasi pada hal-hal meyakini dan memahami aliran yang dianutnya, namun kurang dalam mempraktikan nilai-nilai yang diajarkan sehingga yang terjadi mereka beranggapan ibadah hanya sekedar rutinitas, bukan sebagai bentuk penghambaan yang menjadi penenang. Selain itu gangguan tidur serta kelelahan yang terjadi pada wanita setelah memiliki anak merupakan sumber yang mengakibatkan meningkatnya resiko stres pada ibu yang memiliki peran ganda semakin tinggi baik itu secara fisik maupun mental, sehingga meskipun mereka memiliki religiusitas yang tinggi, namun risiko mengalami stres akan tetap ada (dalam Rosalina dan Hapsari, 2014). Kata kunci : Stres, Religiusitas, Ibu yang Memiliki Peran Ganda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorElyusra Ulfah, -2021038404elyusra.ulfah@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158 Psikologi Terapan > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:15
Last Modified: 26 Jul 2024 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83505

Actions (login required)

View Item View Item