-, DELLA HARMUTIKA
ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BRIMO MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION DAN DELONE & MCLEAN.
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi.
ISSN 2654-3788
Abstract
BRImo adalah aplikasi mobile banking yang menghadirkan layanan bertransaksi secara online, tetapi masih ditemukannya beberapa dari pengguna BRImo yang masih terkendala akan menggunakan aplikasi BRImo tersebut. Adapun seperti kesulitan dalam menggunakan aplikasi BRImo, kesulitan bertransaksi, kesulitan untuk login, kemudian penggunanya sering terblokir yang mengakibatkan kurang nyaman dalam menggunakan aplikasi BRImo tersebut yang dapat mengurangi tingkat dari kepercayaan penggunanya. Tujuannya yakni dapat mengetahui tingkat dari kepuasan pengguna aplikasi BRImo yang menggunakan model penelitian End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Delone & Mclean. Model EUCS memiliki arti model perbandingan antara kenyataan dan harapan (realita). DeLone and McLean artinya sebuah model guna pengindentifikasi faktor penyebab suksesnya suatu sistem informasi. Pada penelitian ini dapat diukur dari 5 indikator EUCS dan 3 indikator Delone & McLean yang akan menggunakan teknik dari purposive sampling yang dikumpulkan melalui kuesioner secara online dalam bentuk google form kepada 100 responden penggunanya, sehingga data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan SmartPLS 4. Dengan demikian hasil akhir penelitian ini menyatakan bahwa variabel dari content, easy of use, information quality, service quality, dan timeliness berpengaruh signifikan, kemudian 3 variabel lainnya yaitu accuracy, format, dan system quality yang tidak memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan dari pengguna aplikasi BRImo.
Actions (login required)
|
View Item |