PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI RIFA SWALAYAN GARUDA SAKTI PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM

Novi Kardianti Nst, (2014) PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI RIFA SWALAYAN GARUDA SAKTI PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul : “Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen di Rifa Swalayan Garuda Sakti Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam.” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai strategi penetapan harga di Rifa Swalayan, penetapan harga barang pada usaha swalayan ini yang dapat dikatakan mahal, tetapi menyebabkan jumlah pelanggan swalayan tersebut masih ramai akan pengunjungnya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah strategi penetapan harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Rifa Swalayan. Serta bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap penetapan harga di Rifa Swalayan. Penelitian ini dilaksanakan di Rifa Swalayan Garuda Sakti Km3 No. 15 Pekanbaru. Populasinya seluruh konsumen Rifa Swalayan. Sedangkan sampel penelitian ini adalah konsumen Rifa Swalayan yang berjumlah 98 orang pada tahun 2014. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuiseoner (angket) dan studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi penetapan harga pada Rifa Swalayan berpengaruh signinifikan terhadap loyalitas konsumen. Serta bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap strategi penetapan harga yang diterapkan oleh Rifa Swalayan Garuda Sakti Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara variabel harga terhadap loyalitas konsumen pada Rifa swalayan Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi sebesar 0,521. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa hasil yang didapat lebih besar dari nilai yang ditentukan (validitas (0,374) dan reliabilitas (0,179) maka dapat dikatakan datanya valid dan instrumennya reliabel. Dari hasil analisis regresi sederhana diketahui bahwa 27,1 % loyalitas konsumen di Rifa Swalayan Pekanbaru dipengaruhi oleh harga. Selanjutnya dengan menggunakan uji t, maka hipotesis diterima apabila t hitung > ttabel . Adapun t hitung dari variabel X adalah sebesar 5,979 dan nilai t tabel 1,985. Karena t hitung > t tabel maka dengan demikian terdapat pengaruh harga yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Setelah melakukan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen di Rifa Swalayan Pekanbaru. Tinjauan Ekonomi Islam dengan adanya penetapan harga barang terhadap loyalitas konsumen pada Rifa Swalayan Garuda Sakti Pekanbaru, tidak ditemukan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Syaria’ah Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 03 Oct 2016 07:04
Last Modified: 03 Oct 2016 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8116

Actions (login required)

View Item View Item