Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI KELAS X MA NURUL JAMA’AH KEC.KERITANG

SALMIATI, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI KELAS X MA NURUL JAMA’AH KEC.KERITANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN ( BAB IV).pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SALMIATI (2024) : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI KELAS X MA NURUL JAMA’AH KEC.KERITANG Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Apakah ada pengaruh signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Card Sort terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X MA Nurul Jama‟ah Kec.Keritang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MA Nurul Jama‟ah Kec.Keritang yang berjumlah 46 orang. Di lihat dari hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa nilai posttest kelas eksperimen menunjukan rata-rata sebesar 91,7391 sedangkan hasil analisis deskriptif posstest kelas kontrol menunjukkan rata-rata sebesar 65,6957. Jika di bandingkan rata-rata posttest eksperiment dengan pretest kontrol,maka rata-rata kelas eksperiment lebih tinggi. Dari Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan Uji Paired Sampel T-Test dan Uji Independent Sampel T-Test diperoleh bahwa nilai signifikan (2-Tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 (0,000<0,05) yang berarti Ha diterima Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh signifikasi penggunaan Model pembelajaran Card Sort terhadap motivasi belajar siswa di MA Nurul Jama‟ah Pada mata pelajaran geografi memiliki nilai 4,146 > 1,00 maka dikategorikan efek tinggi (Strong Effect). Kata Kunci : Model Pembelajaran Card Sort, Motivasi Belajar, Pelajaran Geografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorROSWATI, -2022017601Roswati546@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:26
Last Modified: 03 Jun 2024 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78817

Actions (login required)

View Item View Item