Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROBLEMATIKA MENGHAFAL AL-QURAN SISWA TAHFIDZUL QURAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU

RAHMAT RAIHAN, - (2024) PROBLEMATIKA MENGHAFAL AL-QURAN SISWA TAHFIDZUL QURAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmat Raihan, (2023): Problematika Menghafal Al-Quran Siswa Tahfidzul Quran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika siswa dalam menghafal Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII Tahfizhul Qur‟an yang berjumlah 94 orang di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Obyek penelitian ini problematika siswa dalam menghafal Al-Quran. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika siswa dalam menghafal Al-Quran antara lain yaitu, rasa malas, tidak konsisten dalam hafalan,kurangnya konsentrasi dalam menghafal Al-Quran, mengganti-ganti mushaf, tidak bisa mengatur waktu, sering lupa, kurang menguasai makharijul huruf, ayat yang dihafalkan sering lupa, banyak ayat yang sama,dan tugas sekolah. Adapun solusi dalam mengatasi problematika tersebut adalah istiqomah dalam menghafal, fokus pada satu mushaf serta sungguh-sungguh dalam hati. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa problematika siswa dalam menghafal Al-Quran adalah rasa malas, tidak konsisten dalam hafalan,kurangnya konsentrasi dalam menghafal Al-Quran, mengganti-ganti mushaf, tidak bisa mengatur waktu, sering lupa, kurang menguasai makharijul huruf, ayat yang dihafalkan sering lupa, banyak ayat yang sama,dan tugas sekolah Kata kunci: Problematika, Menghafal, Al-Quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. H. KADAR, M.Ag, -2021056501lailatul_qdr@yahoo.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:56
Last Modified: 19 Apr 2024 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78258

Actions (login required)

View Item View Item