Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAD MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MAN 3 KAMPAR

DEWI TRI ANANDA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAD MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MAN 3 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

DEWI TRI ANANDA (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAD MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MAN 3 KAMPAR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Geografi di MAN 3 Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi Flora dan Fauna siswa kelas XI IPS MAN 3 Kampar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 52 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik analisis deskriptif kuantitatif dengan Aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Geografi materi Flora dan Fauna. Motivasi belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 58,46 menjadi 72,34 pada nilai postest. Jika dihitung presentase yang diperoleh, maka dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus: selisih angka/nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh kenaikan sebesar 23,81%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Motivasi Belajar, Flora Fauna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:42
Last Modified: 25 Jan 2024 06:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77668

Actions (login required)

View Item View Item