Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kemampuan Santri Kelas XII Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu Dalam Memahami Makna Fi’il Tsulasi Mazid Yang Ada Pada Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Karya Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji.

TRI ALMUNA WARO, - (0027) Kemampuan Santri Kelas XII Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu Dalam Memahami Makna Fi’il Tsulasi Mazid Yang Ada Pada Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Karya Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB IV TRI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KECUALI BABA IV TRI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Almuna Waro (2023): Kemampuan Santri Kelas XII Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu Dalam Memahami Makna Fi’il Tsulasi Mazid Yang Ada Pada Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Karya Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji. Santri pondok pesantren yang belajar qowaid terkadang sangat tinggi tingkat hafalan qowaidnya, akan tetapi tingkat pemahaman pada praktek baca nash Arab dan sejenisnya mereka tidak mampu, dibuktikan saat diberikan pertanyaan oleh gurunya ketika latihan baca Kitab Turosh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan santri kelas XII Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu dalam memahami Makna Tsulasi Mazid yang ada pada kitab Ta’lim Al-Muta’aalim Karya Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji. Dengan melakukan tes berupa lembaran soal yang diberikan untuk menguji pemahaman santri mengenai makna tsulasi mazid yang sudah dipelajari dilihat dari praktek membaca kitab Ta’lim Al-Muta’aalim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan presentase dengan teknik pengumpulan data berupa tes kepada 20 santri pilihan kelas XII dan dokumentasi. Maka setelah dilakukan penelitian disimpulkan bahwa tingkat kemapuan pemahaman santri dalam memahami makna tsulasi mazid yang ada pada kitab Ta’lim Al-Muta’aalim Karya Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji dikategorikan meningkat seiring dengan dilatih secara terus menerus. Dibuktikan dengan presentase tes pertama hingga tes ketiga dari 0% yang dikategorikan sangat baik hingga 20%, pada tes ketiga 55% dikategorikan baik, dan 25% dikategorikan cukup baik. Kata Kunci: Kemampuan Memahami, Makna Fi’il Tsulasi Madzid, Kitab Ta’lim Al-Muta’allim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:38
Last Modified: 15 Jan 2024 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76777

Actions (login required)

View Item View Item